Laman

Kamis, 01 Januari 2015

Lihatlah Allah !

"Allah membolehkan dirimu melihat apa yg terdapat di alam, namun tidak mengizinkan dirimu berhenti padanya. Karena itu Dia berkata, " Katakan, perhatikan apa yg terdapat di langit! " bukan berkata ," Perhatikan Langit!" Agar perhatianmu tidak tertuju pada benda langit. ( Ibnu Athaillah al Iskandari)

Allah memerintahkanmu melihat alam semesta sebagai bukti keindahan Nya atau menyatukan pandangan hatimu ke sana agar kau menyaksikan bahwa Dia ada di alam semesta dan tampak di sana . Allah melarangmu untuk menghijab dirimu dgn alam semesta sehingga kau tidak bisa melihat Nya disana. Allah berfirman ," Katakan, perhatikan apa yang terdapat di langit!"
Dalam Lathaif Al minan disebutkan," Alam semesta yang ditampakkan di hadapanmu bukan untuk kau lihat, tetapi agar kau lihat wujud Allah di dalamnya. Kehendak Tuhanmu adalah agar kau melihat alam semesta dengan mata orang yang tidak melihatnya. Kau melihatnya dari sisi penampakan Allah di dalamnya, bukan melihatnya dari wujud alam semesta itu sendiri."
Allah membukakan pintu pemahaman atau mengingatkan dan menyadarkanmu atas apa yg dituntut darimu, yaitu melihat yang ada di alam semesta.
Allah tidak mengatakan kepadamu, " Lihatlah langit langit " agar tidak menunjukkan kpdmu benda benda langit saja sehingga dgn nya kau menjadi terhijab dan tidak menyaksikan wujud Allah di dalamnya. Hal itu juga dimaksudkan agar alam semesta tidak menjadi fokus dan tujuanmu krn ia hanya wasilah ( perantara) dan media. Ia hanyalah benda yg dapat dilihat . Bagi para ahli syuhud, alam semesta adalah wahana penampakan Allah SWT, namun bagi para ahli hijab , alam adalah bukti keberadaan Nya.
( penjelasan dari kitab Al Hikam - Ibnu Athaillah al Iskandari)

Subhanallah

Tidak ada komentar: