Laman

Kamis, 06 Agustus 2015

Pemimpin Yg Buruk Adalah Hukuman Bagi Masyarakat Ahli Maksiyat

Dari Abdullah bin Umar radhiyallaahu anhumaa: Rasul shollallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: Kalian harus memerintahkan yang Maruf dan mencegah yang munkar, atau kalau tidak kalian laksanakan maka Allah pasti membangkitkan di atas kalian para pemimpin yg tidak menyayangi anak anak serta tidak menghormati yang lebih tua.

Dalam hadits lain dari Abdullah binUmar bahwa Rasul shollallaahu alaihi wa sallam bersabda: Tidaklah ada masyarakat yang mengkhianati sumpah mereka untuk taat kepada Allah, kecuali pasti Allah menguadakan pada mereka musuh yg datang dari negeri lain yg menguras sebagian kekayaan yg mereka miliki.

Imam Ahmad meriwayatkan bahwa suatu saat Nabi Musa alaihis salaam bertanya kepada Allah: Ya Robbi, Anda berada di langit sedangkan kami ada di bumi, maka apakah tanda yang Anda berika ketika Anda ridho atau murka kepada kami? Allah menjawab: apabila Aku jadikan pemimpin kalian ada orang yg paling baik, maka itu tanda ridhoKu. Akan tetapi apabila Aku jadikan pemimpin kalian adalah manusia terburuk, maka itu tanda murKu kepada kalian.

Imam ibn Abi Dunya meriwayatkan bahwa imam Fudhoil bin Iyadh rahimahullaah berkata: Allah mewahyukan kepada sebagian dari para nabi "Apabila orang yg mengenal beriman kepadaKu menetang diriKu, maka Aku kuasakan kepada mereka penguasa yang tidak mengenalKu."

Imam Hasan al Basry rahimahullahu berkata: Apabila Allah berkehendak memberikan kebaikan pada suatu kaum, maka Allah jadikan kepenimpinam ada di tangan orang yg lemah lembut(kpd orang yang beriman) dan kekayaan mereka dikuasakan pada orang orang dermawan. Akan tetapi apabila Allah berkehendak memberika keburukan kepada suatu kaum, maka Allah jadikan kepemimpinan mereka dikuasai oleh orang orang yg jahil (terhadap islam) dan kekayaan mereka dikuasai oleh orang orang yang bakhil.

Subhanallah

Sent from: Lenovo P70-A

Tidak ada komentar: