Laman

Selasa, 04 Februari 2014

Pengaruh Tabiat Istri thd Cara Suami Mencari Nafkah

- Pengaruh Tabiat Istri terhadap Cara Suami Mencari Nafkah - Abu Bakr Ahmad bin Marwan bin Muhammad ad-Dainuri menyebutkan dalam kitabnya al-Mujaalasah wa Jawaahirul ‘Ilm: Dari Kholid bin Yazid, ia berkata, Hasan al-Bashri berkata: "Aku datang kpd seorang pedagang kain di Mekkah utk membeli baju, lalu si pedagang mulai memuji-muji dagangannya dan bersumpah, lalu akupun meninggalkannya dan aku katakan tidaklah layak beli dr org semacam itu, lalu akupun beli dr pedagang lain." Dua tahun setelah itu aku berhaji dan aku bertemu lagi dg org itu, tapi aku tidak lagi mendengarnya memuji-muji dagangannya dan bersumpah, lalu aku tanya kepadanya: "Bukankah engkau orang yg dulu pernah berjumpa denganku beberapa tahun lalu?" Ia menjawab : "Iya benar" Aku bertanya lagi: "Apa yg membuatmu berubah spt sekarang? Aku tidak lagi melihatmu memuji-muji dagangan dan bersumpah!" Iapun bercerita: "Dulu aku punya istri yg jika. aku dtg kpdnya dg sedikit rizki, ia meremehkannya dan jika aku dtg kpdnya dg rejeki yg banyak ia menganggapnya sedikit. Lalu Allaah mewafatkan istriku tersebut, dan akupun menikah lg dg seorg wanita. Jika aku hendak pergi ke pasar, ia memegang bajuku lalu berkata: 'Wahai suamiku, bertaqwalah kpd Allaah, jgn engkau beri makan aku melainkan dg yg thayyib (halal). Jika engkau datang dg sedikit rejeki, aku akan menganggapnya banyak, dan jika engkau tidak dapat apa2 aku akan membantumu memintal (kain)'." Subhanallaah Milikilah sifat Qana'ah. Janganlah menjadi jurang dosa bagi Suamimu. Wanita shalihah akan mendorong Suaminya kepada kebaikan, sedangkan wanita kufur akan menjadi pendorong bagi suaminya untuk berbuat dosa CUKUPKAN DIRI DENGAN YANG HALAL Ukuran Rizki itu terletak pada keberkahannya, bukan pada jumlahnya ------------- [Kitab al-Mujaalasah wa Jawaahirul ‘Ilm (5/252) karya Abu Bakr Ahmad bin Marwan bin Muhammad ad-Dainuri al-Qodhi al-Maliki. Penerbit: Jum’iyyah at-Tarbiyyah al-Islamiyyah, Daar Ibnu Hazm (Beirut – Lebanon)]

Salam hijrah, UniQ
Ayo www.shalatdahsyat.net
Www.shalatdahsyat.com

Tidak ada komentar: