Laman

Selasa, 20 Agustus 2013

Ask & Question : Khusyu' dalam sholat ?

Assalaamu'alaikum wr. wb
Pak ustadz saya Putra, ada yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya agar kita bisa khusyu' dalam sholat ?.
Syukron ,

Putra – Indramayu 085282505512

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ
Khusu' dalam shalat adalah hadirnya hati dan fikir dengan apa yang sedang kita baca. Sehingga memikirkan surga atau neraka disaat shalat tidak termasuk khusu jika bacaan kita tidak menerangkan tentang surga atau neraka. Adapun cara-caranya adalah :
1. Shalatlah pada waktunya (harus ada waktu khusus untuk shalat). Jangan sampai shalat kita lakukan disela-sela kesibukan perti saat masak atau yang lainya,akan tetapi khususkan waktu untuk sholat dan selain shalat kita singkirkan.
2. Memahami makna bacaan dalam shalat agar senantiasa hati dan akal pikiran kita dapat terkait dengan makna bacaan dan tidak melayang kemana-mana.
3. menyingkirkan penyebab hilangnya khusyu', seperti mematikah HP, TV dan jika kita lagi ada janji hendaknya berpesan pada orang untuk menunggu
4. masuklah kedalam sholat dengan tidak tergese-gesa dengan berwudhu dengan pelan berikut mendahulukan shalat qobliah dengan pelan.
5. jangan terburu-buru disaat hendak keluar dari sholat dengan melazimi wirid dan doa dan ditutup dengan shalat ba'diyah bagi sholat yang ada ba'diyahnya.
6. -memohonlah kepada Alloh agar diberi kekhusukan,sebab kekhusukan adalah karunia dari Alloh.

Waalhua'lambishowab.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar: