Laman

Rabu, 26 Juni 2013

Beberapa Keutamaan dan Manfaat Sedekah

1. Mengundang datangnya rezeki.
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda," Allah SWT berfirman," Wahai Anak Adam berinfaklah, karena sebab infak engkau akan mendapatkan nafkah!" (Muttafaqun Alaihi)
" Pancinglah rezeki dengan sedekah." (Ali bin Abi Thalib)

2. Sedekah dapat menolak bala.
Rasulullah SAW bersabda," Bersegeralah bersedekah, sebab bala tidak pernah bisa mendahului sedekah."
Ibnu Abi Al Ja'ad berkata,"Sesungguhnya sedekah itu akan menolak tujuhpuluh pintu dari kecelakaan dan keutamaan mengeluarkannya secara sembunyi sembunyi adalah tujuh puluh kali lebih utama drpd mengeluarkannya secara terang terangan."

3. Sedekah dapat menyembuhkan penyakit.
Rasulullah SAW," Obatilah penyakitmu dengan sedekah."

4. Sedekah dapat menunda kematian dan memperpanjang umur.
Rasulullah SAW bersabda,"Perbanyaklah sedekah. Sebab sedekah bisa memanjangkan umur."

5. Mencegah dari api neraka dan kemurkaan Allah di hari Akhirat.
Allah SWT berfirman," Dan kelak akan dijauhkan orang yg paling takwa dari neraka itu, yg menafkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya."(QS Al Lail[92]:17-18)
Rasulullah saw bersabda," Takutilah api neraka itu (yakni selamatkanlah dirimu dari api neraka), walau dgn bersedekah setengah butir kurma. Jika kamu tiada dapat berbuat demikian, maka dgn perkataan yg baik."

" Setiap manusia di dalam naungan sedekahnya, sehinggalah saat diputuskan Allah antara sekalian manusia (yakni pada Hari Kiamat)."

"Setiap manusia di dalam naungan sedekah, sehinggalah saat diputuskan Allah antara sekalian manusia (yakni pada hari kiamat)."

"Sesungguhnya sedekah akan menyelamatkan seseorang dari panasnya azab kubur. Seorang mukmin pada hari kiamat sungguh akan berlindung di bawah naungan sedekahnya." (HR Thabrani)
"Bersedekahlah sesungguhnya sedekah dapat membebaskan kalian dari neraka." (Thabrani)

6. Mendapatkan pahala dan keutamaan 700 kebaikan.
Allah SWT berfirman, " Perumpamaan (nafkah yg dikeluarkan oleh) orang orang yg menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dgn sebutir benih yg menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap tiap bulir, seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yg Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS Al Baqarah[2]:261)

7. Diberikan kemudahan dan jalan keluar oleh Allah SWT.
" Adapun orang yg memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, Dan membenarkan adanya pahala yg terbaik (surga), Maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yg mudah. Dan adapun orang orang yg bakhil dan merasa dirinya cukup. Serta mendustakan pahala terbaik, Maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yg sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa." (QS Al Lail[92]:5-11)

8. Mendapatkan ketenangan dan kelapangan jiwa.
"Orang orang yg menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran bagi mereka dan tidak pula mereka bersedih hati." (QS Al Baqarah[2]:274)

Salam Hijrah, UniQ
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar: