Laman

Kamis, 13 Juni 2013

Sekilas Tentang HASAD

Sekilas Tentang HASAD

Hasad adalah akhlak tercela..!!

Orang yang Hasad selalu mengawasi nikmat yang Allahu Ta'ala  berikan kepada orang-orang di sekelilingnya dan berusaha menjauhkan orang lain dari orang yang tidak disukai tersebut dengan cara merendahkan martabatnya, meremehkan kebaikan yang telah dia lakukan dan lain-lain.

Ketika Hasad timbul umumnya orang yang di dengki tersebut itu akan dizholimi dengan segala cara dan upaya sehingga orang yang di dengki itu punya hak di akhirat nanti untuk mengambil kebaikan orang yang dengki kepadanya.

Jika kebaikannya sudah habis maka dosa orang yang didengki/dihasadi tersebut akan dikurangi lalu diberikan kepada orang yang dengki kepadanya.

Setelah itu orang yang dengki tersebut akan dicampakkan ke dalam neraka..!

Ringkasnya, dengki adalah akhlak yang tercela, meskipun demikian sangat disayangkan hasad ini banyak ditemukan di antara para Ahli Ilmu dan para da'i serta di antara para pedagang.

Orang yang punya profesi yang sama itu umumnya saling dengki..

Namun sangat disayangkan di antara para ahli Ilmu dan para da'i itu lebih besar.

Padahal sepantasnya dan seharusnya mereka adalah orang-orang yang sangat menjauhi sifat hasad dan manusia yang paling mendekati kesempurnaan dalam masalah akhlak.

Allahu Ta'ala berfirman:

وَلا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

"Dan janganlah kalian iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kalian lebih banyak dari sebahagian yang lain.

(karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi Para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya.

Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu." (QS. an Nisa': 32)

واللّہ تعالىاعْلم الْغيْنب والاسْرار

Salam Hijrah, UniQ
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar: