Laman

Selasa, 25 Juni 2013

Dahsyatnya Menjemput Hidayah

Hidayah tak akan datang dengan sendirinya ke hadapan kita, atau tiba tiba kita mendapatkan hidayah Nya.

Sebab-sebab yang dapat mengantarkan kepada Hidayah adalah :    

1. Dengan do'a. Sebagaimana Rosulullah selalu berdo'a : "Ya Alloh sesungguhnya aku memohon kepadaMU petunjuk, ketaqwaan, terjaga (dari perbuatan yang merusak kehormatan) dan kekayaan". (HR. Muslim).           

2. Berusaha dan Berjuang. Alloh berfirman : "Dan orang-orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh dijalan KAMI, niscaya KAMI akan menunjukkan kepada mereka jalan-jalan KAMI". (QS. Al-'Ankabut : 69).      Ibnul Qoyyim mengatakan : "Orang yang paling sempurna hidayahnya adalah yang paling besar jihadnya".                       
3. Membaca Al-Qur'an. Karena dengan membaca Al-Qur'an akan menumbuhkan cahaya petunjuk dilubuk hati yang akan menerangi perjalanan hidup seorang hamba.

4. Mencari sahabat yang baik.  Rosulullah bersabda : "Seseorang berada diatas agama sahabat karibnya" (HR. Abu Dawud) dan juga dijelaskan dalam Al-Qur'an QS. Al-Furqon 27-29.    

5. Menambah Ilmu. Yaitu dengan mendatangi majelis-majelis ilmu.     

6. Mengamalkan ilmu. Karena dengannya, Alloh akan membimbing kejalan yang lurus. Semua aturan Alloh sejatinya adalah untuk kemaslahatan manusia, walaupun kadang kala manusia merasa terbebani dengan aturan-aturan itu. Hal ini dijelaskan Alloh dalam QS. An-Nisa' 66-68.

Salam Hijrah, UniQ
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar: