Laman

Kamis, 31 Januari 2013

Mau Tanam Padi atau Rumput Ilalang

Mau Panen Padi atau Rumput ?

Kita adalah makhluk yang diciptakan secara sempurna oleh Allah SWT.
Banyak sekali Motivator Indonesia yang berbicara bagaimana Sukses di Dunia ini dan bahkan sudah banyak pula yang mencapai kesuksesan seperti yang diinginkan. Tetapi ada kalanya, kesuksesan tersebut hanyalah kesuksesan di dunia saja. Maksudnya adalah kesuksesan tersebut hanyalah mengejar harta bahkan kalo boleh dikatakan mereka ketika bangun tidur hanyalah memikirkan bagaimana target konsumen yang ingin dicapai atau berapa omzet yang harus didapatkan hari itu. Apakah dengan Sukses dengan memupuk kekayaan, keimanan dia juga akan meningkat juga?
Yang sangat disayangkan adalah ketika dia berhasil mendapatkan semua kekayaan ataupun harta, keimanannya justru semakin menurun dikarenakan dia akan disibukan dengan mencari harta dan materi saja. Sungguh sangat disayangkan....

Analogi yg paling mudah dapat digambarkan bila kita mengejar akherat ibarat  kita menanam padi maka akan pula  tumbuh rerumputan, dan sebaliknya bila kita mengejar dunia maka ibarat kita menanam rumput /ilalang manalah mungkin akan tumbuh padi mengikutinya

Maka tanamlah padi dalam hati kita, krn padi yg tumbuh semakin besar maka akan semakin tunduk dan membuahkan butiran beras yg siap diolah menjadi nasi hingga nasi melahirkan kekuatan besar pada setiap jiwa yg mengkonsumsinya..

Dalam sebuah Hadist Qudsi dijelaskan sebagai berikut: "Wahai dunia, datanglah kamu dengan hina kepada mereka yg senantiasa mengagungkan dan menjadikan Aku satu satunya Tuhan baginya, dan dan datangkanlah kepada manusia dan hinakanlah mereka yg menjadikanmu sebagai tujuan hidupnya krn sesungguhnya Akulah yg mengatur atas kehidupan dan penghidupan mereka. (Hadits Qudsi dikutip dari musnad al bazzar).

Apakah hidup ini bisa seimbang antara memilih hidup mengejar Dunia dan hidup mengejar Akhirat? Saya mengatakan tidak bisa seimbang. Kita lah yang harus memilih ingin Mengejar Dunia dan Melupakan Akhirat atau Mengejar Akhirat dan Allah akan memudahkan semua urusan dunia bagi kita.
 
Bahkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda.. "Barangsiapa yg dunia menjadi tujuannya maka Allah akan mencerai-beraikan urusannya; Allah menjadikan kemiskinan di antara matanya; dan tidaklah dunia datang kepadanya melainkan apa yg sudah dituliskan untuknya.. Sebaliknya Barangsiapa yg akhirat adalah tujuannya maka Allah akan memudahkan urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya serta dunia akan datang kepadanya meski ia membencinya..[HR Ibnu Hibban]

Ingin Sukses Dunia? Kuncinya adalah.....

"Kejarlah Akhiratmu maka Allah akan memberikan Dunia kepadamu. Cukuplah Allah yang berada dalam hatimu, sedangkan Dunia berada dalam genggamanmu"

Imam hakim menyebutkan dalam Tarikhnya ada sebuah hadits marfu' diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA ; "Sesungguhnya Allah membenci orang yang pandai urusan dunia tapi bodoh dalam urusan akhirat".

Rasulullah SAW bersabda: "Demi اللّهُ, bukanlah kefakiran yang aku takuti atas kalian, tetapi aku takut pada kalian dibukakannya dunia bagi kalian sebagaimana telah dibuka bagi umat sebelum kalian. Kemudian kalian berlomba² sebagaimana mereka berlomba², dan menghancurkan kalian sebagaimana telah menghancurkan mereka." (Muttafaqun 'alaihi)

Sesungguhnya perumpamaan dunia adalah seperti ular : lembek bila disentuh, tapi racunnya sangat membunuh. Anak kecil yg tidak mengerti suka sekali menyentuhnya, sedangkan orang cerdik lagi pandai berhati-hati terhadapnya. Oleh karena itu, berpalinglah dari apa yg menakjubkanmu di dunia ini karena hanya sedikit darinya yg bersahabat denganmu ( Imam Ali bin Abi Thalib As dlm suratnya kpd Salman Al Farisi)

Semoga Allah menjadikan Akhirat menjadi Tujuan Utama kita saat kita berada di Dunia ini. Ya Allah jangan biarkan dunia ada di dalam hati dan fikiran kami, krn hati dan fikir kami hanya untuk Mu, maka jadikan dunia hanya dalam genggaman kami Ya Latiif Ya Rohman Ya Rohiim Ya Robbul 'izzati.. Aamiin


Salam Hijrah, UniQ
Sent from BlackBerry® on 3

Tidak ada komentar: