Laman

Sabtu, 29 Desember 2012

Dahsyatnya Kelembutan Akhlaq

Dahsyatnya Kelembutan Akhlaq

Dari Muadz ra, rasulullah saw berkata kpd Asyaji ra (ketua suku Abd Qais), " Engkau memiliki dua sifat yg disukai Allah; satu adalah Hilm (lembut dan berani), dan kedua; tidak terburu-buru." ( Muslim, bab Al Amru bil Iman billahi no 117)

Dari Aisyah r.hum istri Nabi saw bahwa rasulullah saw bersabda," Hai Aisyah, Allah itu lembut dan baik, mencintai kelembutan dan kebaikan (seorang hamba dalam segala urusan). Dan apa saja yg Dia berikan (sbg pahala) bagi kebaikan bukan diberikan ke atas orang yg kasar dan tidak dapat melalui apapun, kecuali kelembutan." (Muslim, bab Fadhlu rifqi no 6601)

Dari jarir bin Abdullah ra, rasulullah saw bersabda, " Siapa yg dicabut sifat lembutnya, maka tercabut (semua) kebaikannya" (Muslim bab fadhlu rifqi no 6598)

Dari Aisyah r.hum bahwa Nabi saw bersabda," Siapa yg diberi sebagian kelembutan dari Allah, maka ia telah diberi sebagian kebaikan dunia dan akherat. Dan barang siapa terhalang dari kelembutan, maka sesungguhnya ia telah terhalang dari kebaikan dunia dan akherat." ( Baghawi - Syarhus Sunnah; XIII/73)

Dari Aisyah r.hum rasulullah saw bersabda," Tiada keluarga yg Allah hendak anugerahkan kebaikan atasnya kecuali Dia memberikan mandaat kepada keluarga itu. Dan tidaklah Dia mencabut kebaikan dari suatu keluarga, kecuali Dia mencelakakan keluarga itu." (Baihaqi)

Dari Jabir bin Abdullah ra, rasulullah saw berdoa," Semoga Allah merahmati atas orang yg lembut saat menjual dan membeli, dan meminta (haknya) dari manusia." (Bukhari bab asshulatu was samahah no 2076)

Dari Shuhaib ra, rasulullah saw bersabda," Luar biasa ! Setiap kejadian atas seorang mukmin, Setiap kejadian selalu ada kebaikan. Dan ini hanya terjadi pada seorang mukmin. Sebab jika kebaikan datang padanya, ia bersyukur kpd Allah, dan jika musibah menimpanya dan ia bersabar, maka sabar ini menjadi kebaikan baginya (karena mendapat pahala atasnya) (Muslim bab almukminu amruhu kulluhu khoir no 7500)

Dari Ibnu Mas'ud ra , bahwa rasulullah saw berdoa demikian, " Ya Allah sesungguhnya Engkau telah membaguskan jasmaniku maka baguskanlah juga akhlaqku (Ahmad I/403)

Wassalam UniQ
Sent from BlackBerry® on 3

Tidak ada komentar: