Laman

Kamis, 13 Desember 2012

TIDAK MENGADU KEPADA MAKHLUK


TIDAK MENGADU KEPADA MAHLUK
Nabi SAW bersabda, "Di antara harta simpanan yang berasal dari 'Arsya adalah menyembunyikan berbagai musibah."
"Wahai, orang-orang yang mengadukan musibah/masalahnya kepada mahluk-mahluk (orang-orang). Tanyalah dirimu, apakah pengaduanmu kepada mahluk berguna bagimu?"
"Perlihatkan kelemahanmu, ketidaberdayaanmu, kesedihan dan kesusahanmu hanyalah ketika engkau bersujud dan memohon pertolongan kepada Zat Yang Maha Besar yaitu Allah. Perlihatkan kesabaran dan ketawakkalanmu di hadapan mahluk."
"Contohnya, ketika kita mempunyai masalah pribadi lalu kita ceritakan kepada oranglain, dan ternyata orang itu tidak amanah, lalu dia menceritakan lagi kepada orang lain, maka aib kita akan menjadi omongan orang-orang lain!" Hal itu akan mendatangkan masalah-masalah lagi yang baru, lalu kita akan menjadi hina, hinalah di hadapan Allah tapi jaga agar kau tidak terhina di hadapan mahluk.
"Hakekat cobaan adalah proses pembelajaran watak karakter kedewasaan manusia yang diberikan oleh Allah. Maka sembunyikanlah berbagai masalah dan cobaan di dalam hatimu dan pecahkan jalan keluarnya, ketika engkau tidak kuat lagi menghadapinya maka bersujudlah di hadapan Allah. Agar Allah menolongmu, bersabarlah agar rahmat dan hidayahNya datang untukmu.
"Dunia adalah tempat berbagai macam musibah tapi bersabarlah karena kita hanyalah sebentar hidup di dunia ini, di akhiratlah kehidupan yang langgeng/panjang."
"Ya Allah, jadikanlah diri kami ini amanah dalam menghadapi semua masalah di dunia ini."

Tidak ada komentar: